Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau Gampang Dapat Pinjaman? Perbaiki Skor Kredit Anda Dengan Cara Ini!

HalloTangerang - Skor kredit menjadi ukuran diterima atau ditolaknya pengajuan pinjaman. Apabila skor bagus, maka pengajuan berpeluang besar untuk disetujui. Sementara apabila skor buruk, peluang untuk pinjaman disetujui semakin kecil. Persoalannya adalah bagaimana jika skor kredit berpredikat buruk? Apakah skor tersebut bisa diperbaiki agar aplikasi pengajuan lolos? Kemudian bagaimana caranya skor tersebut bisa diperbaiki?

Pertanyaan-pertanyaan itulah yang terlontar dari orang-orang yang pengajuan pinjamannya ditolak. Mereka bingung harus berbuat apa ketika mengetahui pengajuannya ditolak karena skor kredit yang buruk.

Nah, buat menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, Bersumber dari GetCreditScore, inilah cara-cara memperbaiki skor kredit yang dapat membantu memperbesar peluang pinjaman kamu lolos!

1. Jangan pernah telat bayar cicilan

Memperbaiki kredit skor pinjaman online

Sudah menjadi kewajiban setiap debitur untuk tidak telat dalam membayar cicilan. Selain terhindar dari denda keterlambatan, disiplin bayar cicilan baik buat skor kredit.

Hal ini bisa dilihat dalam iDeb SLIK OJK. Perhatikan saja bedanya skor yang diperoleh jika tidak pernah telat bayar cicilan dan skor yang didapat akibat telat bayar.

Debitur yang disiplin bayar cicilan biasanya dapat skor 1 yang berarti lancar. Sementara debitur yang terlambat bayar cicilan diberi skor 2 yang berarti dalam perhatian khusus karena pembayarannya tersendat. Inilah kenapa debitur selalu diimbau agar tidak telat bayar cicilan.

2. Manfaatkan kartu kredit/credit card

Memperbaiki kredit skor pinjaman online

Beruntunglah kalau kamu punya kartu kredit. Sebab kamu bisa memanfaatkannya buat perbaiki skor kredit. Asal tahu aja nih, menggunakan kartu kredit itu tidak selamanya buruk seperti yang dianggap sekelompok orang. Rutin transaksi dengan kartu kredit tiap bulannya bisa menjaga skor tetap bagus. Bahkan, dapat mendorong skor yang buruk hilang dalam daftar iDeb SLIK OJK milikmu.

Butuh waktu sekitar 12 bulan atau setahun supaya iDeb SLIK benar-benar bersih dari skor yang buruk. Caranya adalah dengan bayar cicilan tepat waktu hingga 12 bulan ke depan.

Paling masuk di akal agar terus bayar cicilan hingga 12 bulan ke depan adalah dengan selalu transaksi pakai kartu kredit tiap bulan. Selama tagihannya selalu dibayarkan sebelum atau pas jatuh tempo, niscaya skor yang buruk bakal hilang dengan sendirinya.

3. Pastikan tidak ada cicilan yang belum terbayar


Memperbaiki kredit skor pinjaman online
Kadang-kadang ada kejadian yang mana skor kredit masih saja buruk, padahal pembayaran cicilan selalu dilakukan secara disiplin. Hal ini bisa terjadi karena adanya cicilan yang tidak terbayar karena mungkin lupa atau muncul tanpa sepengetahuan.

Jika hal ini kamu alami, ingat-ingat kembali apa lagi cicilan yang harus kamu bayar hingga lunas. Lebih gampang melihatnya di iDeb SLIK OJK. Kamu bisa mengaksesnya dengan melakukan permohonan di Kantor OJK.

Di iDeb SLIK OJK, kamu bisa lihat apa saja cicilan yang menjadi tanggunganmu. Seandainya ditemukan cicilan yang tidak pernah kamu lakukan semisal transaksi kartu kredit, segera laporkan hal tersebut ke bank yang bersangkutan agar diproses sehingga skor kredit bisa dipulihkan.


4. Terus bayar cicilan yang tersisa hingga skor kredit benar-benar bersih

Mau Gampang Dapat Pinjaman? Perbaiki Skor Kredit Anda Dengan Cara Ini!

Karena butuh waktu setahun agar iDeb SLIK betul-betul bersih dari skor yang buruk, mau tidak mau kamu harus terus bayar cicilan selama satu tahun. Ada dua opsi yang bisa dilakukan, yaitu ambil kredit baru atau transaksi dengan kartu kredit.

Supaya kejadian telat bayar atau nunggak pembayaran tidak sampai terjadi, pastikan pembayaran tagihan tidak lebih dari 30 persen penghasilan. Hal ini bertujuan supaya kamu tidak merasa berat dalam bayar cicilan yang ada. Jadinya skor kredit tetap aman dan skor yang buruk bisa hilang.

Nah, seperti itulah cara-cara memperbaiki skor kredit. Poinnya adalah cara-cara tersebut akan membuahkan hasil yang sukses asalkan sungguh-sungguh dilakukan. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Mau Gampang Dapat Pinjaman? Perbaiki Skor Kredit Anda Dengan Cara Ini!"